14 Desa Di Sukabumi Akan Terbitkan Perdes Perlindungan TKI

Ilustrasi.

SUKABUMI – 14 desa yang selama ini menjadi kantong Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Kabupaten Sukabumi akan menerbitkan Peraturan Desa (Perdes) perlindungan TKI. Perdes ini untuk melindungi calon TKI asal Sukabumi yang tengah berada di luar negeri maupun yang akan berangkat.

“Rencananya ada 14 desa yang berasal dari 14 kecamatan yang akan menerbitkan Perdes perlindungan TKI,” kata Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jawa Barat Jejen Nurjanah seperti dilansir republika.co.id Senin (23/1).

Penerbitan Perdes tersebut akan dilakukan serentak pada Februari mendatang. Belasan desa tersebut berada di Kecamatan Palabuhanratu, Jampang Tengah, dan Kebonpedes. Penerbitan Perdes akan dihadiri langsung oleh pejabat pemerintah pusat dan Pemkab Sukabumi.

Menurut Jejen, Perdes perlindungan TKI ini akan memperkuat upaya perlindungan terhadap pekerja migran di Sukabumi. Khususunya dalam menangkal adanya calo TKI yang seringkali merugikan masyarakat.

Calon TKI nantinya diarahkan menjadi pekerja migran melalui jalur yang resmi. Sehingga kasus TKI bermasalah asal Sukabumi akan berkurang dibandingkan sebelumnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*