Alumni Australia dan Unimig Lakukan Pelatihan Anak TKI di Indramayu

Foto Bersama Peserta Pelatihan Anak TKI, Desa Bondan, Indramayu, Jawa Barat

INDRAMAYU, Alumni Australia dan Unimig Indonesia melakukan kunjungan ke Program Community Development Balqis Foundation di Desa Bondan, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (23/09). Dalam kunjungan tersebut rombongan Unimig dan Alumni Australia mengadakan pelatihan untuk anak TKI baik yang orang tuanya sedang bekerja di luar negeri dan yang sudah kembali. Pelatihan ini digagas untuk memberikan semangat kepada anak-anak TKI dalam belajar dan menjalani kehidupan. Hal ini diungkapkan oleh Rina Rosdiani Patria dari Alumni Australia, “ Kami hadir di sini untuk memberikan semangat kepada adik-adik yang merupakan anak dari pekerja migran untuk terus bersemangat belajar dan tetap percaya diri dalam menjalani kehidupan,” jelas Rina yang merupakan alumni New South Wales University, Sydney, Australia.

Pelatihan ini juga diisi dengan kegiatan bermain bersama dan serta menyanyi dengan gembira. Selain itu anak-anak tersebut diajak untuk mengungkapkan apa yang menjadi cita-cita mereka. “Ternyata adik-adik disini sangat semangat untuk mengungkapkan cita-cita mereka, dan hebatnya cita-cita mereka sangat beragam mulai dari menjadi pemain bola professional sampai dengan menjadi seorang dokter” ungkap Rina menggambarkan suasana pelatihan.

Pelatihan ini ditutup dengan penyampaian cerita anak dan pembagian hadiah kepada anak-anak peserta pelatihan. Unimig Indonesia berharap dapat mengadakan pelatihan yang seperti ini di daerah kantong TKI di seluruh Indonesia, “Kami sangat berharap dapat mengadakan pelatihan serupa di tempat lain daerah kantong TKI, karena kami merasa ada kebutuhan untuk memberikan hiburan dan pengetahuan serta semangat kepada anak-anak pekerja migran yang selama ini ditinggal oleh orang tua mereka untuk bekerja ke luar negeri,” ungkap Fathurrahman Sekjen Unimig Indonesia dalam acara tersebut.

Relawan Balqis Foundation beserta Unimig Indonesia dan Alumni Australia

Acara pelatihan ini juga merupakan rangkaian kegiatan dari Program Community Development oleh Balqis Foundation yang diprakarsai Ibu Rosita Tandos, MA. Program Community Development ini merupakan kegiatan pemberdayaan para purna pekerja migran dalam bidang ekonomi dengan cara memberikan pelatihan keterampilan wira usaha serta bantuan permodalan bagi warga Desa Bondan yang hampir seluruhnya adalah Purna TKI yang pernah bekerja di Luar Negeri. Rosita mengucapkan banyak terima kasih kepada Unimig Indonesia dan Alumni Australia atas kehadirannya memberikan pelatihan, “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Unimig Indonesia dan Alumni Australia atas kesediaannya berpartisipasi melalui pelatihan anak TKI, kami berharap kegitan seperti ini dapat berlanjut di kesempatan berikutnya,” ungkap Ibu Rosita yang merupakan Kandidat PhD dari State University of New York at Albany.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*