Diperlakukan Tidak Layak, 141 TKI Berhasil Melarikan Diri Dari Negeri Jiran

Sebagian besar TKI yang melarikan diri karena tidak tahan di perlakukan tidak semestinya (Liputan 6.com/M.Syukri).

PEKANBARU – Hidup di negeri orang tak seindah dibayangkan banyak orang, termasuk yang dialami 141 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mengadu nasib ke Malaysia ini. Beberapa bulan bekerja di sana, sebagian besar pekerja migran ini memilih melarikan diri karena tak tahan dengan perlakuan majikannya.

Mereka meningga‎lkan negeri jiran itu melaui Port Klang, Malaysia dengan tujuan Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara. Hanya saja, TKI yang tak dilengkapi dokumen ini tertangkap di perairan Rokan Hilir oleh petugas Bea Cukai Kota Dumai dan dibawa ke kantor kesehatan pelabuhan setempat.

Menurut Kepala KKP Kota Dumai Efrizon Taher, ratusan TKI ini ketika tiba di tempatnya dalam keadaan lemah. Dua di antara TKI sedang hamil, sehingga mendapat ‎perawatan lebih dari lainnya.

“Ratusan TKI ini terdiri dari 30 perempuan, 109 laki-laki dan 2‎ orang anak-anak,” kata Efrizon seperti dilansir liputan6.com, Sabtu (21/1).

Pengamanan para TKI diduga tidak berdokumen ini terjadi pada Jumat 20 Januari 2017 malam di perairan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, Pekanbaru. Kapal TKI ini ketahuan oleh Bea Cukai Dumai yang menggelar patroli di perairan tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*